Rabu, 11 November 2015

BAHAYA ROKOK DAN NARKOBA

Posted by Yudistira Fahlevi  |  No comments

BAHAYA ROKOK DAN NARKOBA

BAHAYA ROKOK

Pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan adanya peringatan “Dilarang Merokok”. Sepertinya peringatan tersebut tidak mengherankan jika kita mengetahui dampak negatif pada tubuh yang ditimbulkan akibat merokok.
Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh
Terdapat sekitar 4000 bahan kimia yang terkandung didalam rokok. Ratusan di antaranya merupakan zat beracun dan sekitar 70 bahan di dalamnya bersifat kanker. Ada banyak Bahan-bahan berbahaya yang terkandung pada sebatang rokok, antara lain :
1. Nikotin

Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok

Pengaruh bagi tubuh manusia :


  1. Menyebabkan kecanduan / ketergantungan
  2. Merusak jaringan otak
  3. Menyebabkan darah cepat membeku
  4. Mengeraskan dinding arteri



2. Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker

Pengaruh bagi tubuh manusia :


  1. M  embunuh sel dalam saluran darah
  2. Meningkatkan produksi lendir diparu-paru
  3. Menyebabkan kanker paru-paru



3. Karbon Monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.

Pengaruh bagi tubuh manusia :

  1.   mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
  2. menghalangi transportasi dalam darah



4. Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia :

  1. Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh



5. Zat Iritan

  1. Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
  2. Menyebabkan batuk

Selain bahan-bahan di atas, masih banyak kandungan beracun pada sebatang rokok seperti arsenic (digunakan dalam pestisida), toluene (ditemukan pada pengencer cat), formaldehyde (digunakan untuk mengawetkan mayat), hydrogen cyanide (digunakan untuk membuat senjata kimia), dan cadmium (digunakan untuk membuat baterai).Ketika Anda merokok, Anda akan lebih mungkin terkena serangan jantung. Perokok berisiko dua hingga empat kali lebih tinggi menderita penyakit jantung. Risiko lebih tinggi lagi jika Anda perokok wanita yang sedang mengonsumsi pil KB.
Saat merokok, Anda akan turut memasukkan zat-zat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada tubuh, khususnya jantung. Contohnya zat nikotin. Ketika nikotin masuk ke tubuh, zat itu bisa mengurangi kadar oksigen yang akan masuk ke darah. Zat yang bersifat candu ini juga bisa mempercepat detak jantung, menaikkan tekanan darah, merusak pembuluh darah dalam jantung, dan mempercepat pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung. Selain serangan jantung, terdapat juga beberapa dampak yang dapat membahayakan tubuh yang diakibatkan dari merokok. Beberapa diantaranya sebagai berikut :
1. Kanker

            Merokok dapat menyebabkan sekitar 90% kematian akibat kanker paru-paru pada pria serta 80% pada wanita. Resiko kematian karena faktor kanker paru-paru dapat 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan pada mereka yang bukan tidak merokok.

            Pada sebuah riset menunjukkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker paru-paru dibandingkan bukan perokok pada umumnya. Bahaya merokok juga dapat menyebabkan kanker kantung kencing, ginjal, faring, esopagus, rongga mulut, serviks, pita suara, pankreas, dan perut.
2. Gangguan pernafasan

            Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko kematian karena penyakit paru-paru yang kronis sampai 10 kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru-paru kronis disebabkan karena merokok.

3. Gangguan janin

            Kebiasaan merokok juga akan berdampak buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin yang terdapat dalam kandungan, termasuk kemandulan, keguguran, kematian janin, bayi lahir dengan berat badan rendah, serta sindrom kematian mendadak bayi.

4. Penyakit jantung

            Merokok dapat menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi seperti ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri, lemak dan plak memblok aliran darah serta dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

            Jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras dan tekanan ekstra yang pada akhirnya menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika salah satu arteri atau bahkan lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung mungkin dapat terjadi.
Semakin banyak rokok yang telah dihisap dan semakin lama seseorang tersebut merokok, semakin besar pula kesempatan untuk mengembangkan penyakit jantung atau stroke.
5. Penyakit paru-paru

            Risiko terkena penyakit seperti pneumonia, emfisema, atau bronkitis kronis dapat meningkat karena kebiasaan merokok. Penyakit ini disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Penyakit paru-paru tersebut dapat berlangsung dan bertambah buruk seiring dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Menurut American Cancer Society, orang yang telah berumur 40 tahun dapat menderita emfisema atau bronkitis, tetapi dengan gejala yang jauh lebih buruk pada kemudian hari.
6. Diabetes

            Menurut Cleveland Clinic, kebiasaan merokok dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. Bahaya rokok juga menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah, dan masalah kaki.

7. Menyebabkan kebutaan

            Bahaya merokok dapat meningkatkan resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami pada orang tua. Dalam studi yg diterbitkan ‘Archives of Ophthalmology’ orang yang merokok 4 kali lebih mungkin dibandingkan dengan orang-orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yangg merusak makula, pusat retina, serta dapat menghancurkan penglihatan sentral tajam.

8. Penyakit mulut

            Penyakit mulut yang disebabkan karena rokok antara lain seperti kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, dan nafas.

9. Impotensi

            Rokok adalah faktor resiko utama penyakit pembuluh darah perifer yang akan mempersempit pembuluh darah pembawa darah ke seluruh tubuh. Pembuluh darah pada alat reproduksi pria kemungkinan dapat terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yang berukuran kecil dan dapat mengakibatkan disfungsi impoten.

Selain penyakit pada fisik, perokok juga mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak merokok. Selama ini mungkin Anda mengira merokok bisa membuat lebih rileks.    Anda menganggap kandungan nikotin bisa menenangkan pikiran Anda, tapi ternyata itu salah. Yang membuat perokok gelisah dan cemas adalah gejala putus obat terhadap nikotin. Dengan merokok, kecanduan terhadap nikotin akan terpenuhi dan perokok merasa seperti rokok tersebut menurunkan stres.
            Memang tidak semua perokok akan meninggal karena penyakit jantung, kanker paru-paru, atau stroke, namun kebiasaan merokok bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas hidup Anda sehari-hari. Efek rokok yang bisa Anda rasakan sehari-hari adalah batuk-batuk, sesak napas, lebih mudah lelah, lebih rentan terhadap infeksi, atau mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan sulit bernapas pada malam hari kemudian merasa kelelahan di pagi hari.
1.      Niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.

2. Belajar membenci rokok
3. Bergaullah dengan orang yang tidak merokok
4. Sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC
5. Pindahkan semua barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
6. Jika ingin merokok, tundalah 10 menit lagi.
7. Beritau teman dan orang terdekat kalau kita ingin berhenti merokok.
8. Kurangi jumplah merokok sedikit demi sedikit.
9. Hilangkan kebiasaan Bengong atau menunggu.
10. Sering-seringlah pergi ke rumah sakit, agar tau pentingnya kesehatan.
11. Cari pengganti rokok, misalnya permen atau gula.
12. Coba dan coba lagi jika masih gagal.


BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Narkoba atau Napza adalah bahan yang bukan tergolong makanan. jika diminum, dihisap, dihirup, ditelan atau disuntikkan, berpengaruh terutama pada kerja otak (susunan saraf pusat), dan sering menyebabkan ketergantungan. Akibatnya,kerja otak berubah. Demikian pula fungsi vital organ tubuh lain (jantung, peredaran darah, pernafasan, dan lain-lain). Narkoba yang ditelan masuk lambung, kemudian ke pembuluh darah. Jika dihisap,atau atau dihirup, zat diserap masuk ke dalam pembuluh darah melalui saluran hidung dan paru-paru. Jika zat disuntikan, langsung masuk ke aliran darah dan darah membawa zat ke otak.Digunakan istilah narkoba, karena telah menjadi bahasan umum di masyarakat. Akan tetapi, ruang lingkupnya meliputi napza, sebab zat adiktif lain, seperti nikotin dan alkohol, sering menjadi pintu masuk pemakaian narkoba lain yang berbahaya, Jugainhalansia dan solven, yang terdapat pada berbagai keperluan rumah tangga, bengkel, kantor, dan pabrik yang sering disalahgunakan, terutama oleh anak-anak.
Dahulu beberapa jenis narkoba alami, seperti opium (gatah tanaman candu), kokain, dan ganja, digunakan sebagai obat. Akan tetapi, sekarang tidak digunakan lagi dalam pengobatan sangat terbatas sehingga harus berhati-hati dan harus mengikuti petunjuk dokter atau aturan pakai.
Obat adalah zat, baik sintetis, semi sintetis, atau alami, yang berkhasiat untuk menyembuhkan. Akan tetapi, penggunaanya harus mengikuti aturan pakai, jika tidak, dapat berbahaya dan berubah menjadi racun. Racun adalah zat,yang bukan merupakan makanan atau minuman, dan berbahaya bagi manusia. Contoh racun adalah obat anti hama atau serangga.
Bahaya NARKOBA
1) Bahaya narkoba terhadap fisik
  • Gangguan pada system syaraf (neurologis)
  • Gangguan pada jantung dan pembuluh  darah (kardiovaskuler)
  • Gangguan pada kulit (dermatologis)
  • Gangguan pada paru-paru (pulmoner)
  • Sering sakit kepala, mual-mual dan  muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan insomnia
  • Gangguan terhadap kesehatan reproduksi yaitu gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
  • Gangguan terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid)
  • Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya  adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV
  • Bahaya narkoba bisa berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya. Over dosis bisa menyebabkan kematian
2) Bahaya narkoba terhadap psikologi
  • Kerja lamban dan seroboh, sering tegang dan gelisah
  • Hilang rasa percaya diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga
  • Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
  • Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan
  • Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri
3) Bahaya narkoba terhadap lingkungan sosial
  • Gangguan mental
  • Anti-sosial dan asusila
  • Dikucilkan oleh lingkungan
  • Merepotkan dan menjadi beban keluarga
  • Pendidikan menjadi terganggu dan masa depan suram
4). Bagi diri sendiri
  1.  Overdosis (OD)
  2.  Gejala putus zat
  3.  Berulang kali kambuh
  4.  Gangguan perilaku mental dan sosial
  5. Gangguan kesehatan
  6. Kendornya nilai-nilai
  7. Keuangan dan hukum
  8.  Terganggunya fungsi otak dan perkembangan normal remaja
  9.  Intoksikasi (keracunan)


5). Bagi keluarga
Suasana hidup aman dan nyaman menjadi terganggu.Membuat keluarga menjadi resah karena barang-barang berharga dirumah hilang Anak berbohong, mencuri, menipu, bersikap kasar, acuh tak acuh dengan urusan keluarga, tidak bertanggung jawab, hidup semaunya, dan asosial.
Orang tua malu karena memiliki anak pecandu, merasa bersalah, tapi juga sedih dan marah.Mereka berusaha menutupi perbuatan anak agar tidak diketahui orang lain.Orang tua menjadi putus asa karena masa depan anak tidak jelas. Anak putus sekolah atau menganggur,karena dikeluarkan dari sekolah atau pekerjaan.tres meningkat dan membuat kehidupan ekonomi morat marit,dan masih banyak lagi.
6). Bagi sekolah
Narkoba merusak disiplin dan motivasi yang sangat penting bagi proses belajar. Siswa penyalahguna narkoba prestasi belajar menurun drastis. Penyalahgunaan narkoba berhubungan dengan kenakalan dan putus sekolah. Kemungkinan siswa pecandu narkoba membolos lebih besar dibanding siswa lain.
7). Bagi masyarakat
Mafia perdagangan gelap selalu berusaha memasok narkoba. Terjalin hubungan antara pengedar dan korban sehingga terjadi pasar gelap. Oleh karena itu sekali pasar terbentuk, sulit sekali memutus mata rantai pengedarannya. Dan narkoba akan menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

Bahaya Narkoba Sesuai Jenisnya
Bahaya narkoba-, Narkoba memang memiliki jenis yang berbeda beda, tentu efek yang bisa ditimbulkan pun bisa berbeda beda sesuai jenisnya. Berikut adalah bahaya narkoba sesuai jenisnya:
1) Opioid:
  • Depresi berat
  • Apatis, gugup dan gelisah
  • Banyak tidur, rasa lelah berlebihan
  • Malas bergerak, kejang-kejang, dan denyut jantung bertambah cepat
  • Selalu merasa curiga, rasa gembira berlebihan, rasa harga diri meningkat
  • Banyak bicara namun cadel, pupil mata mengecil
  • Tekanan darah meningkat, berkeringat dingin
  • Mual hingga muntah
  • luka pada sekat rongga hidung
  • Kehilangan nafsu makan, turunnya berat badan
2) Kokain
  • Denyut jantung bertambah cepat
  • Gelisah, banyak bicara
  • Rasa gembira berlebihan, rasa harga diri meningkat
  • Kejang-kejang, pupil mata melebar
  • Berkeringat dingin, mual hingga muntah
  • Mudah berkelahi
  • Pendarahan pada otak
  • Penyumbatan pembuluh darah
  • Pergerakan mata tidak terkendali
  • Kekakuan otot leher
3) Ganja
  • Mata sembab, kantung mata terlihat bengkak, merah, dan berair
  • Sering melamun, pendengaran terganggu, selalu tertawa
  • Terkadang cepat marah
  • Tidak bergairah, gelisah
  • Dehidrasi, liver
  • Tulang gigi keropos
  • Saraf otak dan saraf mata rusak
  • Skizofrenia
4)Ectasy
  • Enerjik tapi matanya sayu dan wajahnya pucat, berkeringat
  • Sulit tidur
  • Kerusakan saraf otak
  • Dehidrasi
  • Gangguan liver
  • Tulang dan gigi keropos
  • Tidak nafsu makan
  • Saraf mata rusak
5) Shabu-shabu:
  • Enerjik
  • Paranoid
  • Sulit tidur
  • Sulit berfikir
  • Kerusakan saraf otak, terutama saraf pengendali pernafasan hingga merasa sesak nafas
  • Banyak bicara
  • Denyut jantung bertambah cepat
  • Pendarahan otak
  • Shock pada pembuluh darah jantung yang akan berujung pada kematian.
6)Benzodiazepin:
  • Berjalan sempoyongan
  • Wajah kemerahan
  • Banyak bicara tapi cadel
  • Mudah marah
  • Konsentrasi terganggu
  • Kerusakan organ-organ tubuh terutama otak

Upaya pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba
Setelah mengetahui apa itu narkoba, penyebab, dan akibat-akibatnya, sekarang membahas upaya  pencegahan nya.
Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah.lebih baik mencegah daripada mengobati atau menanggulangi Pencegahaan merupakan upaya yang sangat penting, bahkan terpenting. Untuk mencegah remaja dari penyalahgunaan narkoba hal yang paling penting adalah membentengi diri sendiri dengan imtaq (iman taqwa). selain itu ada hal-hal lain diantaranya :
  Menjaga diri sendiri dan teman terdekat dari hal yang menjurus ke narkoba
 Pendekatan pada siswa disekolah
  Latihan peningkatan percaya diri
 Melatih remja mengelola situasi sehari-hari melalui pendekatan pemecahan masalah dan curhat
  1.   Memberi kegiatan yang cocok pada kehidupan remmaja
  2.  Mendorong partisipasi pada kegiatan yang positif.
  3.   Memberi kesempatan agar remaja mengembangkan kegiatannya,
  4.  Membentuk perkumpulan dalam gerakan anti narkoba (say no to drugs),
  5.  Saling memberi dukungan dan kasih sayang,
  6.  Meningkatkan keterampilan dasar,
  7.  Mencoba mengubah kebiasaan buruk, dan menjauh dari hal-hal yang negatif,
  8.  Dan yang paling penting adalah selalu waspada, karena banyak modus-modus                 pengedar narkoba.
  9.  Jika ada remaja yang sudah menjadi pecandu, harus diberi pengertian sedikit demi sedikit, dan tidak dijauhi atau di acuhkan di masyarakat.
  10.   Melaporkan ke pihak yang berwajib jika mengetahui pengedar/ bandar narkoba,
  11.   Memberikan program, terapi dan rehabilitasi,
  12.  Menyediakan sarana konseling untuk para pemakai n pengedar narrkoba.  Menciptakan rasa takut mengulang kembali.
Itulah informasi seputar Bahaya Merokok dan Narkoba . Semoga saja informasi yang telah saya sampaikan ini dapat membuat anda tersadar betapa bahayanya merokok dan narkoba bagi kesehatan tubuh kita.  dan dengan keinginan, keyakinan serta motivasi yang kuat anda juga bisa terbebas dari kecanduan merokok dan narkoba. 

05.43 Share:
About Logo Blog Yudistira Fahlevi

SMAN 1 INDRALAYA UTARA-

0 komentar:

Get updates in your email box
Complete the form below, and we'll send you the best coupons.

Deliver via FeedBurner
back to top